Connect with us

Politik

Hilirisasi Harus Tingkatkan Kemakmuran Rakyat

Published

on

JAKARTA (3 April): Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi, menekankan pentingnya hilirisasi agar memberikan manfaat untuk kemakmuran rakyat. Dia setuju bila hilirisasi merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas dalam negeri.

Sebagai bagian dari strategi perdagangan dan investasi, Komisi VI DPR mendukung hilirisasi diperkuat dalam kemudahan investasi di Indonesia dengan mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja, kata Subardi dalam Raker Komisi VI DPR dengan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Senin (1/4).

Meski demikian, Subardi mengingatkan agar hilirisasi ditata secara cermat. Terutama menyangkut sektor investasi tambang atau pengelolaan sumber daya alam maupun pemberian insentif kepada sektor lainnya.

Tidak hanya pada hilirisasi yang dipikirkan, tapi rekonsepsi ataupun penataan di dalam produksi, sehingga dalam pengelolaan hulu itu betul-betul mencerminkan amanah Pasal 33 UUD 1945,” ujar Subardi.

Subardi juga mengingatkan agar strategi hilirisasi tidak dicampuri dengan kepentingan pihak-pihak tertentu. Kementerian Investasi hendaknya terus melakukan penataan dan pengawasan agar tidak ada penyelewengan.

Kementerian Investasi harus melakukan upaya penataan ataupun mengelola di bidang hulu dari sisi perizinannya, kemudian tata kelolanya, mapping-nya, dan sebagainya, serta bagaimana agar tidak terjadi masuknya tangan-tangan jahil dalam konsep pengelolaan sumber daya,” tegas Legislator NasDem dari Dapil DIY itu.

Dalam raker tersebut Kementerian Investasi menyebutkan realisasi investasi sepanjang 2023 sebesar Rp1.418,9 triliun. Capaian tersebut melampaui target (101,3%) yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp1.400 triliun dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.823.543 orang.(NK/dis/*)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *