Connect with us

Politik

Nova Paloh Ajak Warga Jakarta Kurangi Kantong Plastik

JAKARTA (4 Juli): Setiap tanggal 3 Juli diperingati sebagai Hari Bebas Kantong Plastik atau Plastic Bag Free Day sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat dunia untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta sendiri telah mewajibkan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Hal tersebut kata dia juga telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan. Kendati demikian, Nova menyadari implementasinya masih belum bisa 100 persen diterapkan di Jakarta.

Kita sudah memiliki Pergub terkait pengurangan penggunaan plastik saat berbelanja, di beberapa convenience store kan sudah diberlakukan dalam pengemasannya tidak lagi menggunakan plastik tetapi menggunakan kantong berbayar, tetapi memang kita tidak bisa mengurangi plastik dalam 100 persen,” kata Nova Paloh, Rabu (3/7).

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem DKI Jakarta itu juga mengapresiasi kesadaran masyarakat yang sudah menerapkan budaya menggunakan tumbler saat beraktivitas sehari-hari. Menurutnya, hal tersebut harus ditingkatkan karena ikut menekan penggunaan plastik sekali pakai.

Budaya sekarang yang perlu digarisbawahi adalah masyarakat sudah mulai sadar membawa tumbler kemana-mana, budaya-budaya itulah yang bisa terus kita gulirkan kepada masyarakat, contohnya masyarakat yang sedang CFD (Car Free Day) atau berolahraga meraka membawa tumblernya sendiri,” ucap dia.

Lebih jauh Nova juga memahami budaya membawa tumbler dan tempat makan sendiri memerlukan waktu dalam mengubah mindset masyarakat untuk menjalankannya.

Memang budaya-budaya seperti itu dalam mengubah mindset masyarakat perlu waktu, tetapi yang saya lihat di Jakarta ini melalui beberapa convenience store sudah bagus,” demikian pungkas dia.

(RO/WH)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *