Connect with us

Daerah

Pilkada Tangsel, Peneliti: Dukungan Nasdem Tak Berpengaruh

kabarpolitik.com

Published

on

Peneliti Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) menilai dukungan Partai Nasdem kepada Muhammad-Saraswati tidak berpengaruh pada konstalasi politik di Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ia juga menilai alasan dukungan yang disampaikan Nasdem tidak berdasar.

Direktur LSPP Sendy Vicky Sutikno mengatakan, dukungan Nasdem disebut tidak berpengaruh karena Nasdem tidak memiliki kursi di DPRD Kota Tangsel. Dengan demikian, tidak akan menambah jumlah dukungan kursi untuk Muhamad-Saraswati.

Kemudian, kata dia, dengan tidak memilikinya kursi di DPRD, akan mempersempit gerakan pemenangan untuk calon yang diusung. Karena, bagaimana pun anggota DPRD merupakan kekuatan politik bagi suatu partai.

“Masing-masing anggota DPRD itu kan punya konstituen masing-masing. Mereka punya masa di wilayahnya masing-masing, ini kan bisa menjadi kekuatan besar di partai, hal itu tidak dimiliki oleh Nasdem di Tangsel,” katanya.

Kemudian, ia juga mempertanyakan alasan Nasdem mendukung Muhamad-Saraswati karena alasan survei keduanya tinggi. Padahal, kata dia beberapa lembaga survei merilis Benyamin Davnie memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi dibanding calon lainnya. “Ini juga jadi pertanyaan, mereka memakai hasil survei yang mana. Akan fair sekali kalau disebut hasil survei lembaga apa begitu,” ujarnya.

Jejak data digital hasil survei yang dirilis oleh lembaga survei yang terdaftar di Persepi, diketahui hasil survei Lembaga Survei Konsep Indonesia pada 27 Juni 2019 hingga 2 Juli 2019 yang dilakukan pada 440 responden warga Tangsel. Hasilnya, tingkat popularitas tokoh yang bakal maju di Pilkada Tangsel diungguli oleh Benyamin Davnie dengan perolehan 74 persen. Kemudian, di urutan keempat ada nama Muhamad yang hanya 29,6 persen. Jauh di bawahnya, muncul nama Siti Nur Azizah di urutan ke 17 dengan tingkat popularitas 3,7 persen.

Disamping itu, lembaga survei lain juga menunjukan Benyamin mempunyai tingkat elektabilitas tertinggi. Hasil survei Indo Polling Network yang dirilis pada 27 Desember 2019, Benyamin Davnie menempati urutan pertama dengan perolehan 28,4%, Muhamad 15,7%, Arsyid 8,6%, dan Tomi Patria menutup posisi lima besar dengan raihan 1,8%.

Kemudian, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 14 Maret 2020 sampai 21 Maret 2020, Benyamin Davnie berada di peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas 13,3 persen, Muhammad 6,3 persen, Siti Nurazizah 1,5 persen, dan Ruhamaben 1,2 persen. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *