Connect with us

Politik

Lodewijk F. Paulus Lantik Sugiono sebagai Pimpinan Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus memimpin rapat internal Komisi I DPR RI dalam rangka penetapan penggantian pimpinan Komisi I DPR RI. Pimpinan Komisi I DPR RI dari unsur Fraksi Partai Gerindra yang semula dijabat oleh Bambang Kristiono digantikan oleh Sugiono.

“Saya akan menanyakan apakah pergantian pimpinan komisi I DPR RI dari unsur Fraksi Partai Gerindra yaitu yang semula saudara H. Bambang Kristiono S.E A122 digantikan oleh saudara Sugiono A97 dapat disetujui?” tanya Lodewijk kepada peserta rapat di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Para peserta kemudian menjawab “setuju”, dan palu diketuk.

Diketahui, pergantian Pimpinan Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini berdasarkan surat dari pimpinan Fraksi Partai Gerindra DPR RI dengan nomor A 803 per tanggal 31 Juli 2023. Di sisi lain, pergantian pimpinan ini berdasarkan ketentuan pasal 58 ayat 9 tata tertib DPR RI, dijelaskan bahwa pemilihan pimpinan komisi sesuai dengan prinsip musyawarah untuk mufakat.

Dalam pelantikan tersebut, Lodewijk pun menyampaikan ucapan selamat kepada Sugiono. “Atas nama pribadi maupun atas nama pimpinan dewan menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Sugiono A97 yang telah dipercaya menjadi salah seorang pimpinan di komisi I DPR RI,” ujar politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Senada dengan itu, Sugiono yang baru saja dilantik, mengungkapkan dirinya bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dirinya mengaku ke depan akan  menyelesaikan agenda-agenda komisi I DPR RI.

“Saya kira itu tadi ya kita kan semuanya sudah dijadwalkan. Jadi ya memastikan semuanya berjalan dengan lancar dan baik,” ungkap Sugiono.

Sebagai informasi, Pimpinan Komisi I DPR RI menetapkan susunan pimpinan Komisi I DPR RI, menjadi sebagai berikut, yaitu Meutya Viada Hafid (Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Golkar, Utut Adianto (Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan), Sugiono (Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra), Teuku Riefky Harsya (Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat), dan Abdul Kharis Almasyhari (Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi PKS).

Diketahui, Sugiono menggantikan Bambang Kristiono sebagai Pimpinan Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra Bambang Kristiono yang telah wafat. Bambang Kristiono adalah Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) NTB II yang wafat saat kunjungan kerja (kunker) komisi di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (20/7/2023) pagi.

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *